Tips Beasiswa China

Hmmm finally,, saya bisa nulis blog lagi. Ini salah satu janji saya untuk berbagi How to get scholarship to China (tanpa jasa agen)? Silahkan cek yah langkahnya..
1. Buka website www.csc.edu.cn
Itu adalah website beasiswa pemerintah China dari lembaga CSC (kalau di Indonesia, seperti LPDP). Cek universitas yang sesuai dengan minat dan jurusan kamu. Bisa juga lihat rangking universitas kamu di website webometric, Time Higher Education, ARWU, dll. Silahkan manfaatkan Google untuk melihat kualitas universitas tersebut.
2. Gabung di Grup beasiswa China
Ini juga penting, buat cari tau pengalaman2 para pelamar atau awardee beasiswa China. Cari grupnya yah coba aja ketik keyword china scholarship, beasiswa China, atau semacam itu di Google dan medsos. Setelah gabung, silahkan baca tulisan orang2 disana. Fyi, km jg bisa lempar pertanyaan loh di sana.. Banyak orang yang berbaik hati kok untuk jawab.
3. Cek dan kontak universitas yang dituju
Setelah dapat Informasi yang cukup, silahkan kunjungi web universitas yang kamu tuju. Buka menu admission dan scholarship. Di situ dijelaskan beasiswa jalur apa saja yang dibuka oleh Univ tersebut. Biasanya mereka terima dari jalur2 ini:
a. Beasiswa CSC jalur embassy
Kamu harus cek website atau kontak embassy China di Indonesia. Ini link tahun 2016 http://id.china-embassy.org/indo/whjy/lxzg/t1338213.htm
b. Beasiswa CSC via universitas
Dokumen yang disiapkan semua sama dengan jalur embassy, hanya yang ini kamu perlu kirim dokumenmu ke sekolah langsung.
c. Beasiswa Universitas
Beasiswa ini didanai oleh sekolah. Untuk persyaratannya silahkan cek web universitas masing2.
d. Beasiswa pemerintah daerah China
Untuk persyaratannya bisa dilihat juga di web univ nya masing2. Yang saya hapal hanya beasiswa jasmine dari pemerintah provinsi Jiangsu.
Setelah melihat beasiswa apa yang cocok dengan kriteria kamu, silahkan hubungi admissionnya via email. Jika ada sinyal positif atau respon, silahkan masukkan persyaratannya.
4. Tunggu dan berdoa
Biasanya pengumuman akan diberikan sekitar akhir Juni atau Juli. Tapi, kalau yang daftar via embassy China di Indonesia.. Pengumumannya sering keluar Agustus. Jika berhasil, nanti kamu akan dikirimkan dokumen JW dan admission letter yang bisa dipergunakan untuk daftar visa X..
Selamat mencoba 😊

Tips2 agar lolos beasiswa CSC (versi saya)
1. Persiapkan lebih awal
Untuk beasiswa full CSC itu ckp banyak peminatnya karena semua Biaya telah dicover plus uang sakunya lumayan. Deadline pengiriman dokumen biasanya April. So, saya sudah siap2 cek universitas dari Desember tahun sebelumnya.. hehe.
2. Kontak pihak admission
Sebelum memasukkan persyaratan, sy biasa kontak dulu pihak admission. Saya kirim email yang berisi CV dan menjelaskan kita berminat daftar beasiswa CSC di univ tersebut. Kalau mereka respon, sy baru kirim berkas saya.
3. Dapatkan rekomendasi dari Professor yang ada di univ tersebut.
Ini gak wajib sih, karena saya juga gak pernah pakai😋. Tapi ada beberapa universitas yang mewajibkan kita hubungi Professor dulu, apalagi yang mau daftar PhD. Mereka ingin kita sudah dapat pembimbing dulu dari awal. Caranya kamu bisa lihat alamat email Professor di website jurusan yang kamu tuju lalu kirim email perkenalan diri dan maksud kamu meminta rekomendasi. Jangan kaget kalau emailmu tidak direspon, karena mereka jg sibuk. Silahkan coba kirim email reminder atau kirim ke banyak Professor sekaligus sehingga kemungkinan kamu dapat rekomendasi dari Profesor lebih besar. Kalau memang tidak ada yang respon, yah silahkan saja daftar, kecuali kalau universitasnya memang mewajibkan.
4. Perbagus Track Record
Namanya juga seleksi beasiswa, jadi kita harus memiliki nilai tambah dari pelamar yang lain. Perbagus nilai sekolah, perbanyak prestasi akademik atau non akademik, pengalaman kerja, organisasi, volunteer pokoknya yang membuat kamu sebagai sosok yang kompeten, hehe.
5. Untuk yang apply via embassy, usahakan sudah dapat pre admission letter atau LOA
Syarat itu juga gak wajib, cm dengar2 nilai plus sih..hehe. So,kontak univ kalian lebih awal yah..

Good luck 😊…

Southeast University, Nanjing, China

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *