Being Efficient with Subway

This morning, I just went to the conference so early. The distance between my home and the conference place is so far away. But, I need to feel grateful due to Nanjing has metro or subway. This fast train is really help me a lot. I need to pass 25 stations to catch the conference place, could you imagine how far is it? I will be so tired and difficult if Nanjing doesn’t have subway. Maybe I need to take a bus for so many hour. Furthermore, the subway`s tariff in Nanjing is also cheap enough.

 
Then, I was thinking randomly about subway construction in Jakarta. I am happy to hear that due to Jakarta`s traffic is so terrible. So, subway will really helpful for Jakarta citizen.

 
In my opinion, subway has some benefit than other public transportation. First, you can estimate your journey time due to subway is rare to delay and can avoid traffic jam. Second, subway has clear route or map that can make the passenger know the route easily. Last, subway is very fast that can make your time more efficient.

 
Are you subway lovers?

 

 

Beasiswa? Don’t Give up!

Selamat pagi, indahistoria readers ^_^

Di postingan kali ini, saya akan membahas tentang beasiswa. Karena zaman dulu  ketika masa-masa mendaftar beasiswa saya banyak terbantu dengan cerita blog dari orang-orang. So, saatnya sekarang saya juga harus berkontribusi membagi pengalaman saya kepada seluruh anak muda Indonesia yang sedang berjuang untuk mendapat beasiswa. ciyee..

Ini beberapa hal yang menurut saya penting untuk dipersiapkan:

1. Bahasa

Yah, mau tak mau, suka tak suka, bahasa adalah hal paling penting yang harus kamu kuasai. Gimana kamu mau belajar kalau bahasa pengantarnya saja kamu nggak paham? So, silahkan dicek persyaratan bahasa masing-masing kampus. Dibawa santai aja, jangan tegang! hahaha…. Ngapain juga tegang? Dimana ada niat yang kuat disitu pasti ada jalan.

2. Tentukan kampus dan jurusan yang kamu minati

Mau jurusannya nyambung atau nggak sama background kamu, itu adalah pilihan masing-masing individu. Yang jelas dengan menentukan arah tujuan yang jelas, usaha kamu akan lebih fokus dan nggak buang-buang waktu. Walaupun kamu masih nggak tau nanti kedepannya mau ngapain, yah minimal dimulai dari evaluasi diri dan minat kamu dulu lah. Punya rencana cadangan A sampai Z juga silahkan.. hahaha.. Luruskan niat, pastikan niat kamu buat beasiswa adalah niat yang positif sehingga saat belajar atau berjuang daftar beasiswa kamu nggak cepat patah semangat. Bukan sekedar pingin foto-foto di luar negeri atau kabur dari rumah (walaupun nggak adala larangan juga sih kalau emang niatnya seperti itu, lol).

3. Kelengkapan dokumen dan administrasi

Surat rekomendasi, transkrip dan ijazah terjemahan, passpor, cv, proposal penelitian, surat motivasi, dll. Silahkan dipersiapkan satu persatu dengan hati yang ikhlas dan gembira. Kenapa harus ikhlas? Soalnya banyak orang yang terlanjur malas duluan ngeliat persyaratan berderet, apalagi bacanya pakai bahasa Inggris. Cmon, guys! Jalanin aja satu-persatu, kalau satu berkas kamu sudah beres buat daftar satu sekolah. Biasanya mudah untuk siapin berkas beasiswa lainnya. Karena semua sekolah biasanya minta hal yang sama, paling ada perbedaan sedikit-sedikit saja.

4. Siapa gue?

Jangan jawab gue anaknya Pak Raden dan keturunan darah biru, hijau atau ungu yah.. hahaha. Di sini maksudnya kamu harus punya nilai tambah yang bisa bikin si pemberi beasiswa menerima kamu. Misal, pengalaman kerja, publikasi jurnal ilmiah, karya tulis, kontribusi sosial , IPK 4, pengalaman organisasi, dll. Lihat karakter si pemberi beasiswa di pengumuman mereka. Biasanya kan ada tuh di pembukaan Pemerintah A memberikan beasiswa bagi anak muda beprestasi bla bla bla bla. Kualifikasinya juga sering mereka cantumkan dengan jelas loh.. Thus, beruntunglah bagi kamu yang sudah memiliki kualifikasi itu, tinggal Tuhan saja yang menentukan. Kalau yang belum? Mmmmmmm… mikir nih… Coba pikir keras apa sih kelebihan kamu. Biasanya mungkin kamu ngerasa nggak punya kelebihan umum seperti IPK bagus, karya tulis, dll. Tapi, bisa saja kamu punya kelebihan di bidang lain seperti kontribusi sosial. Coba saja kamu cocok-cocokin dulu kualifikasi kamu. Kalau emang nggak ada atau nggak cocok banget gimana? Yah.. it’s your choice. Silahkan kalau mau persiapkan diri agar punya kualifikasi yang dimaksud atau nekat aja daftar. Keterima syukur, ngggak juga bisa jadi motivasi kamu ke depannya kan?

hint: Kalau kualifikasi kamu OK banget, biasanya kekurangan syarat administrasi nggak terlalu diperhatikan loh sama pemberi beasiswa ^_^

5. Ribet? Big No No!

Walaupun kamu tahu kampus kamu itu banyak banget peminatnya. Syarat beasiswanya panjang banget.. Tapi, pleaseee  pakai banget kamu jangan jadi kebawa ribet. Soalnya kalau kamu udah galau duluan, biasanya kamu jadi susah berpikir jernih dan malah capek duluan dalam mempersiapkan diri. Sekolah aja belum, masa udah capek duluan? hahaha.. Jangan-jangan sebenarnya hal yang kamu belum coba itu so simple, rugi kan dengan jadi manusia ribet? Keep smile and enjoy the journey!

6. Doa

Ini harusnya syarat pertama sih, bagi kamu yang memiliki kepercayaan pasti sudah akrab dengan hal ini. Sekeras apapun manusia berupaya dan berencana, ujung-ujungnya Tuhan lah yang menentukan. Kalau saya dulu berusaha untuk selalu mendekatkan diri dengan Allah SWT, memperbaiki diri dan berpikiran positif meskipun susah-susah gampang. Ada beberapa godaan dan ujian yang harus kita lalui. Buttrust me.. it’s paid ketika kamu menerima hasil perjuangan kamu. Walaupun nggak 100% seperti yang kamu rencanakan di awal, tapi yakin saja apapun yang sudah Allah SWT berikan kepada kita, itulah yang terbaik. Allah SWT tahu mana yang terbaik bagi umatNya.

Oke.. sekian dulu yah sharing tipsnya. Insya Allah saya akan tulis pengalaman saya daftar beasiswa hingga persiapan aplikasi secara lebih detil.

See you and don’t give up, scholarship hunter!

nb: Yang mau ikut grup WA tentang info beasiswa, silahkan join ya.. Silahkan kontak media sosial atau email aku.

Firework, where do you come from?

I just saw beautiful fireworks from the hotel’s window when I have a tour with my schoolmates. Making shine on the dark night, it makes the fireworks such kind of an angel..^_^

As usual, I often curious about the history. Where does the firework come from? I didn’t expect the answer, but yeaahh.. It is from the country where I am living now “China”.

Here the history that I got from Wikipedia:

“Fireworks were invented in ancient China in the 7th century to scare away evil spirits, as a natural extension of the Four Great Inventions of ancient China of gunpowder. Such important events and festivities as Chinese New Year and the Mid-Autumn Moon Festival were and still are times when fireworks are guaranteed sights. China is the largest manufacturer and exporter of fireworks in the world.”

Alright, hopefully I can see a lot of beautiful fireworks over the world in my future.. let’s see!

Maan Coffee: When Uniquely Decorated Coffee Shops Enter China’s Market

                    

Hi! This is my first visited of coffee shop in China “Maan Coffee”. My friends just took me here when we came to Daxinggong, 1912 which is the most famous night life place in Nanjing. A lot of people also spent their time here, I was not surprising due to its uniqueness and cozy place. You can see on my picture for its distinctive decoration. Wooden style and trees which decorate the room, that’s very beautiful.

Don’t ask me about the menu, please! Here, you can see a lot of many kinds of snacks and beverages such as wafel, toast, sandwich, ice cream a lot of variations for tea and cofee.. yummy!

         

This cozy coffee shop make me curious about the owner, then tadaaaaaa.. it’s a South Korean entrepreneur “Ja Sang Shin” who built this franchise coffee shops.

After decades in restaurants in South Korea Shin left for China. Then, when he was arriving in Beijing, Shin established a Korean barbecue chain “Ai Jiangshan”. He subsequently brought his family over and got the coffee bug.

If we translates “Maan” word into Mandarin, it’s mean “romantic”. Furthermore, Shin has experience running an art gallery in South Korea that gives him a good eye for room decoration. The most interesting thing for me is the sales profit, of course..hehehee..
According to Forbes.com that in 2014 Maan sales grow to $70 million last year, double 2013’s. Around 40% comes from coffee, with the rest from food and desserts such as waffles and toast . The chain plans to double its shop total to 200 by the end of 2015, including a mega store exceeding 3,000 square meters in the resort city of Haikou.

Awesome, right?

So, coffee lovers. Do you interest to build coffee shop like Shin? Who knows maybe it’s your luck here,,,.

            

 

Mesjid Nabawi Kota Bandung

Mesjid Agung Trans Studio Bandung ini terletak di Jl. Jendral Gatot Subroto, Bandung, Jawa Barat. Mesjid yang terletak di pusat kota Bandung ini berada tepat di samping Trans Studio Mall. Arsitekturnya yang elegan dan unik membuat mesjid ini selalu ramai dikunjungi. Mesjid ini juga dikenal sebagai “Mesjid Nabawi Kota Bandung” karena kemiripan arsitekturnya dengan mesjid Nabawi yang ada di Kota Madinah.

Yang terpenting, mesjid ini juga sering menghadirkan ceramah dari Kyai maupun Ustadz yang namanya sudah tidak asing lagi. Untuk mencapai mesjid ini, Anda bisa menggunakan “angkot” yang langsung berhenti tepat di depan lokasi.

Langsung saja cek websitenya di www.masjidagungtransstudiobandung.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap ataupun agenda kegiatan mesjid.

Mari kita sama-sama ramaikan mesjid …

Holand Sea of Flowers, Mini Holand in China

Let me tell you about one of beautiful garden flower in China, The Holand Sea of Flowers. If we see the name, we guess that the garden will look like Holand city in Netherland. And the answer is, yes you are right. You will see tulip flowers, windmill, and many of Holand architectures there.

The garden flowers which known as “China Number One Sea of Flowers for Tulips” is located in the northern section of downtown Dafeng, and the western section of the central district of Xinfeng town. It takes 25 minutes drive from Yancheng airport and 5 minutes drive from downtown Dafeng.

Nowadays, Holand Sea of Flowers has tourist service center, cafetaria, windmill lovers pavilion, shopping center and the equipments, such as sightseeing vehicles, yachts, canoes, speed boats and other tourism facilities.

In 2013, Holand Sea of Flowers held a large group wedding, a miss model of the world park tour, a dinosaur carnival and some events for create tourism branding. When I went there in October 2015, I saw some beautiful altar and wedding decorations. I am sure if you held your wedding party there, it will be a wonderful garden wedding party. The flowers, architecture, and fresh air will make an unforgetable moment for your life.

You also can buy some beautiful souvenirs there, such as original and imitation flowers or plants, food and snacks, stationaries and so on.

So, what are you waiting for? Visit Holand Sea of Flowers! You don’t need to go so far away to catch Tulips. Cheers..

Fenomena Sepeda Online di Cina

KBRN, Nanjing : Selain jumlah penduduknya yang padat, Cina juga terkenal akan kemajuan perdagangannya. Terutama di era globalisasi atau keterbukaan informasi seperti saat ini, industri e-commerce Cina memiliki kemajuan yang sangat pesat seperti Taobao, JD.com, Alibaba, Dangdang Inc. dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan kendaraan sepeda turut meramaikan industri e-commerce di Cina. Berbagai macam jenis sepeda online dapat dengan mudah dijumpai di jalanan kota-kota besar Cina.

Prosedur Penggunaan Sepeda Online

Seperti contohnya di kota Nanjing, Provinsi Jiangsu terdapat lebih dari ima perusahaan yang menyediakan jasa sepedaonline ini. Salah satu contohnya adalah Ofo, sepeda ini memiliki ciri khas berwarna kuning dan memiliki unit yang sangat banyak. Pengguna jasa Ofo dapat mengunduh aplikasi di smartphone mereka dan melakukan proses pendaftaran. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, pengguna jasa harus membayar deposit sebesar 99 RMB atau berkisar dua ratus ribu rupiah.

Namun jangan khawatir karena deposit tersebut akan kembali ke rekening pengguna jasa jika mereka telah selesai menggunakan sepeda tersebut. Selanjutnya aplikasi akan memberikan konfirmasi dan kode untuk membuka kunci sepeda. Cukup mudah bukan? Untuk biaya sewanya sendiri Ofo memberikan tarif sebesar 1 RMB per jam atau sekitar dua ribu rupiah. Harga yang sangat murah dengan manfaat kita tidak perlu mengambil resiko kehilangan atau kerusakan dibandingkan jika  kita menggunakan sepeda pribadi. Setelah selesai pengguna jasa dapat mematikan aplikasi dan meletakkan sepeda di sudut-sudut kota yang diperbolehkan untuk memarkir sepeda.

Ketika diwawancara oleh RRI (31/03/2017), Syabi salah seorang pelajar Indonesia di Nanjing sekaligus pengguna aktif Ofo ini memberikan komentar yang sangat positif.

“Ofo ini memiliki unit yang sangat banyak di Nanjing, khususnya di tengah kota. Saya bisa dengan sangat mudah menemukan sepeda Ofo ini di sudut-sudut kota.”

Syabi pun menambahkan bahwa ketika ia hanya menggunakan sepeda Ofo dengan jarak dekat dan dalam kurun waktu sepuluh menit, aplikasi itu tidak mengenakan biaya sepeser pun ke rekening miliknya. Oleh karena itu Syabi menilai bahwa Ofo ini sangat menguntungkan dan mendukung mobilitasnya sebagai mahasiswa.

Selain Ofo, perusahaan lainnya yang menyediakan jasa penyewaan sepeda online di Nanjing ini adalah Mobike, Dingding, Bluegogo, Changxing dan E-Bicycle. Setiap perusahaan memiliki kelebihannya masing-masing seperti modelnya yangstylish, harga sewanya yang sangat murah dan ada juga sepeda yang memakai kekuatan listrik sehingga pengguna jasa tidak perlu letih mengayuh seperti pada sepeda manual. Berdasarkan kelebihan inilah para penyedia jasa sepeda memberikan tarif deposit berbeda-beda. Tarif deposit ini bervariasi diantara Rp200.000,00 s.d. Rp600.000,00 atau 99 s.d. 299 RMB. Pemerintah Cina sendiri juga tidak mau ketinggalan dari perusahaan swasta dalam menyediakan layanan sepedaonline bagi masyarakatnya. Di Nanjing sendiri terdapat sepeda publik dengan sistem menggunakan kartu dan deposit sekitar 250 RMB atau lima ratus ribu rupiah. Namun, tarif sepeda publik ini gratis pada dua jam pertama penggunaan.

Penerapan Industri Sepeda Online di Cina

Maraknya penyedia maupun pengguna jasa sepeda online di Cina menandakan bahwa era teknologi seperti saat ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pebisnis guna meraih keuntungan yang maksimal. Aplikasi smartphone yang banyak dimanfaatkan oleh pebisnis ini sangatlah praktis dan mudah digunakan para pembeli. Selain itu, perkembangan media sosial juga sangat membantu promosi barang atau jasa yang para pebisnis tawarkan.

Fenomena sepeda online ini juga membuat tren yang sangat positif di kalangan masyarakat. Mereka diajak untuk berolahraga dengan menggunakan sepeda untuk menunjang aktivitasnya. Ditambah lagi penggunaan sepeda ini akan sangat mengurangi polusi udara serta kemacetan di kota besar. Banyak sekali manfaatnya bukan?

Semoga bidang usaha yang memiliki inovasi dan manfaat yang sangat besar untuk masyarakat ini dapat terus dikembangkan. Bukan hanya di Cina, melainkan juga negara-negara lainnya termasuk Indonesia. (Indah Purnamasari/NGH)

Sumber: http://rri.co.id/post/berita/377945/feature/fenomena_sepeda_online_di_cina.html